Berwisata Sambil Belajar Membuat Tenun di Desa Sukarara

desa sukarara di lombok terkenal dengan kerajinan

Lombok tidak hanya dikenal dengan panorma alam yang indah tetapi pulau ini juga memiliki beberapa desa wisata dan budaya salah satunya Desa Tenun Sukarara. Tak heran jika Desa Sukarara sangat terkenal sampai mancanegara karena hasil dan keindahan tenun ikat khas Lombok yang memiliki pola unik nan sedap dipandang.

Selain hasil tenun nya yang indah keunikan lain dari Desa Sukarara adalah setiap wanita desa ini diwajibkan untuk pandai menenun untuk syarat menikah, jika tidak bisa dipastikan jomblo seumur hidup deh. Tetapi itu cerita jaman dahulu sih walaupun sekarang gak bisa nenun pun masih bisa menikah hehehe. Karena tradisi unik tersebut maka wanita wanita di Desa Sukarara sedari kecil diajarkan untuk menenun sehingga warisan nenek moyang ini tetap terjaga.

Lokasi Desa Sukara Lombok

Desa Sukarara terletak di Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah. Desa ini dapat ditempuh menggunakan mobil sejauh 11 Km dari Bandara Internasional Lombok dan memakan waktu kurang lebih 15 menit perjalanan.

Jika anda mengambil tour harian kami, maka Desa Sukarara adalah destinasi pertama yang biasanya kita kunjungi untuk anda melihat hasil kerajinan tenun sekaligus belajar membuatnya.

Sejarah Desa Sukarara Lombok

Desa Sukarara menurut catatanya berdiri sejak tahun 1775 yang dipimpin oleh dua orang bangsawan Sasak yaitu Raden Cempake dan Raden Anugrah. Dimana untuk urusan pemerintahan dipegang oleh Raden Anugrah sedangkan Pertanian oleh Raden Cempake. Istilah nama Sukarara terbagi atas 2 suku kata “suka” yang berarti senang dan “rara” yang artinya miskin, jadi secara harfiah Sukarara berarti penduduk Desa ini selalu senang walaupun hidup miskin.

Sedangkan asal usul mengapa masyarakat desa Sukarara suka bertenun karena pada jaman dahulu untuk membuat pakaian dari kulit kayu dibutuhkan sumberdaya manusia yang banyak dan juga bahan pembuatnya juga susah. Selain itu penduduk Desa Sukarara merasa tidak nyaman dan gatal gatal ketika memakai pakaian dari kulit kayu oleh karena itulah mereka menacari alternatif lain dengan mengubah barang jadi atau setengah jadi seperti mengolah kapas untuk bahan membuat kain tenun. Dari situlah asal muasal lahirnya kerajinan tenun desa Sukarara ini.

Apa Saja Yang Membuat Desa Sukara Lombok ini Unik?

Selain berbagai macam motif tenun yang menarik Desa Sukarara memliki beberapa keunikan tersendiri seperti berikut:

A. Bagi Wanita Menenun itu Wajib Hukumnya

Seperti yang saya sebutkan diparagraf awal jika syarat menikah bagi perempuan Sukarara adalah pandai menenun. Oleh karenanya sejak kecil para gadisnya diajarkan untuk membuat tenun oleh orang tua nya. Selain sebagai syarat menikah, pandai menenun akan membantu perekonomian keluarga sehingga hasil tenun dapat dijual sebagai cinderamata wisatawan yang berkunjung ke Lombok.

B. Kain Tenun yang Awet

Semua kain tenun di Desa Sukarara dibuat dengan menggunakan tangan tanpa bantuan mesin sehingga hasil yang dihasilkan lebih awet dan pastinya motifnya pun akan berbeda da pastinya anda yang membeli tenun ini akan merasa pede saat dipakai. Selain itu pewarna kain menggunakan bahan alami yang terbuat dari getah tumbuh tumbuhan dan benang nya pun pilihan sehingga dipastikan Kain tenun Sukarara ini awet.

C. Wisatawan Bisa Belajar Membuat Tenun

desa sade central lombok regency west nusa tenggara

Untuk kalian yang penasaran khusunya kaum hawa bagaimana membuat kain tenun ikat Sukarara nah di sini anda akan diajarkan teknik teknik dasar membuat tenun. Anda bisa merasakan feel bagaimana susahnya membuat tenun Sukarara dengan bantuan alat tradisional dengan begitu kita akan lebih menghargai karya anak bangsa karena tenun sukarara ini gak kalah dengan tenun tenun lain di Nusantara dan mancanegara.

D. Bisa Melihat Rumah Adat Sasak

desa tenun sukarara lombok

Untuk anda yang doyan selfie, Di Desa Sukarara anda akan melihat rumah rumah adat sasak yang masih terjaga keasriannya. Disini anda bisa berswafoto sepuasnya untuk diposting dihalaman media sosial anda sehingga Desa Sukarara akan lebih terkenal dan membantu perekonomian masyarakat lokal.

Demikian artikel mengenai Berwisata Sambil Belajar Membuat Tenun di Desa Sukarara semoga menambah informasi anda mengenai Lombok. Dan bagi anda yang doyan fashion sangat disarankan untuk datang dan membeli Kain Tenun ikan Legendaris Sukarara ini, admin tunggu loh kedatangannya.

 

 

Open chat