Wisata Air Terjun Benang Stokel Lombok

air terjun benang stokel dan benang kelambu

Kali ini admin Paket Wisata Lombok akan mengajak anda untuk menikmati pemandangan Air Terjun Benang Stokel di Lombok Tengah. Stokel dalam bahasa Sasak berarti “kumpulan” sedangkan Benang Stokel itu sendiri memiliki arti kumpulan benang. Nama ini diberikan karena melihat bentuk Air Terjun ini bagaikan gumpalan benang yang diikat menjadi satu. Selain itu Air terjun benang stokel dinamakan juga sebagai Air Terjun kembar karena memiliki dua buah aliran air terjun. Untuk diketahui debit air terjun sebelah kiri lebih besar dan deras dari yang sebelah kanan.

Air Terjun Benang Stokel ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter yang sangat deras di musim hujan serta dibawahnya terdapat kolam kecil untuk berenang dan bermain air.

Sejarah Air Terjun Benang Stokel

sejarah air terjun benang stokel
@photobydrnorsida

Legenda sejarah Air terjun yang masih termasuk dalam Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani ini adalah merupakan tempat mandinya Dewi Anjani yang dipercaya oleh masyarakat lokal sebagai Mahluk Suci Penunggu Gunung RInjani. Diceritakan Dewi Anjani sering mandi dam membersihkan rambutnya di Air Terjun ini pada waktu waktu khusus. Oleh karenanya banyak masyarakat sekitar yang percaya bahwa jika mengalami masalah rambut atau kebotakan untuk mandi di Air Terjun Benang Stokel.

Lokasi Wisata Air Terjun Benang Stokel

Air Terjun Benang Stokel ini berlokasi di Desa Aik Berik Kecamatan Batu Kliang Utara Lombok Tengah. Perjalan dari Kota Mataram dapat ditempuh menggunakan Mobil dengan jarak tempuh 28 Km sekitar 45 menit perjalanan. Jalur ini akan melewati sebuah Taman Cantik yaitu Taman Narmada yang merupakan warisan budaya dari Kerajaan Karangasem Lombok yang pernah memerintah 200 tahun lalu.

Untuk tiket masuk wisatwan lokal dikenakan tarif 5 ribu rupiah per orang dan untuk wisatawan luar negri sekitar 75 ribu per orang. Biasanya anda akan ditawarkan untuk naik ojek ke Air Terjun ke dua yaitu Benang Kelambu dengan harga per orang 35 Ribu rupiah, tetapi bagi anda yang suka adventure lebih baik trekking berjalan kaki dari Air Terjun Benang Stokel menuju Air terjun Benang kelambu. Disamping menyehatkan anda juga akan disuguhi oleh keindahan hutan alam dengan suara kicau burung yang indah dan melihat habitat monyet hitam yang biasa disebut putu di sepanjang perjalanan menuju Benang Stokel ke Benang Kelambu. Untuk Air Terjun Benang kelambu admin akan buat di artikel tersendiri.

Perjalanan dari pintu masuk ke Air Terjun Benang Stokel memerlukan waktu 10 menit berjalan kaki dimana jalannya sudah menggunakan paving block sehingga sangat aman. Bagi anda yang lapar atau ingin sekedar ngemil disekitaran pintu masuk banyak terdapat warung warung tradisional yang menjual buah buahan segar dan masakan tradisional Lombok. Membawa teman juga terasa menyenangkan karena di Air Terjun Benang Stokel sudah tersedia tempat beristirahat khas Lombok yang kita kenal sebgai “Berugak”.

gambar air terjun benang stokel
@photo by Joko Purwanto

Demikian akhir artikel tentang Wisata Air Terjun Benang Stokel Lombok, semoga dapat membantu anda untuk segera memilih Lombok sebagai tempat tujuan wisata berikutnya. Kami juga memiliki paket tour harian ke Air Terjun Benang Stokel yang sudah all in dengan transport jadi anda tinggal duduk santai dan percayakan kepada kami untuk membawa anda bersenang senang di Paket Benang Stokel Tour.

 

 

 

Open chat